//
you're reading...
TIK, Tips

Tips memiliki Komputer (PC/Laptop) yang optimal


wordpress_icon Memiliki PC/Laptop yang dapat berjalan baik dan optimal adalah keinginan setiap orang terutama yang sering bergelut dengan dunia komputer. Ia akan bekerja dengan baik bila komputernya baik. Apalagi jika sangat tergantung oleh komputer. Kalau komputernya rusak… (wah gawat dech) bisa berabe semua pekerjaan bisa tertunda.

Orang yang bergelut dengan komputer sering kali lalai dengan pemeliharaan komputernya. Padahal ini adalah sesuatu yang sangat urgen / penting untuk dilakukan jika umur komputer kita ingin panjang umur. Ada yang sering nge-hang, proses booting-nya lama, membuka aplikasi program lama, terkena virus, dll.

Saya sering kali dimintai pendapat tentang komputernya yang bermasalah dan saya melihat bahwa problem yang paling utama pada komputer adalah PEMELIHARAAN. Padahal Windows yang sudah built-in telah menyiapkan software-software untuk mengoptimalkan komputer anda walaupun terkadang kita memerlukan pihak ketiga (third-party).

Di sini saya hanya memberikan tips mengoptimalkan komputer dan minimal komputer anda memiliki software-software berikut :

A. Menggunakan Software bawaan Windows.

    Jika komputer berjalan lebih lambat dari biasanya maka patut dicurigai, bisa jadi komputer anda memiliki file-file sampah yang banyak. File-file sampah tersebut adalah file-file yang tidak berguna bagi system komputer anda. Apabila file-file sampah ini dihapus maka tidak akan terjadi crash atau kerusakan pada system. Solusinya adalah HAPUS-lah file tersebut. Setelah dihapus defrag-lah system anda karena dengan begitu file system anda akan lebih rapi lagi. Ibarat buku yang acak-acakan kemudian disimpan lagi ke lemari buku dengan sudah dialokasikan ke tempat masing-masing sehingga rapi. Berikut potongan keterangan mengenai apa itu defragmenter

Disk Defragmenter is a system utility for analyzing local volumes and locating and consolidating fragmented files and folders.

disk cleanup

Jika demikian maka komputer anda yang lebih baik dari sebelumnya. (pernah terjadi kasus sampai menghapus file-file sampah 1,5 Gigabyte).

Software bawaan windows adalah :

 

1. Disk Cleanup

   Klik Start > Programs/All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup.

2. Disk Defragmenter

    Klik Start > Programs/All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter.

3. Registry Editor

    Untuk mempercepat proses memilih program dan membuka aplikasi, kita bisa menggunakan Registry Editor. Caranya :

Klik Start > Run > ketikkan regedit > HKEY_CURRENT_USER > control panel > Desktop > Gantilah nilai berikut :

  • klik ganda (double click) HungAppTimeout ganti nilainya dengan 1000
  • klik ganda (double click) MenuShowDelay ganti nilainya dengan 0
  • klik ganda (double click) WaitToKillAppTimeout ganti nilainya dengan 1000

Di direktori Desktop terdapat direktori WindowMetrics pilih dan buat string baru dengan nama MinAnimate isikan nilainya dengan 1.

selanjutnya pilih HKEY_USERS > control panel > Desktop > lakukan hal diatas sebagaimana pada direktori HKEY_CURRENT_USER. Setelah itu tutuplah Registry Editor tersebut. Pengaruh Registry Editor baru akan terasa bila komputer anda Restart.

B. Menggunakan Software pihak ketiga (third-party).

1. CCleaner

    Dengan menggunakan software ini kita dapat membersihkan file-file sampah, menghapus registry yang tidak terpakai, meng-un-install dan bahkan bisa mengatur settingan StartUp. Sampai saat tulisan ini dibuat, versi CCleaner sudah mencapai 2.28.1091. Bisa di download melalui link disini atau didownload langsung disini

2. YourUnisntaller

    Software ini berbayar alias tidak gratis. Bagi yang taat hukum mengenai HAKI sangat tidak dianjurkan. Versi yang terbarunya adalah YourUninstaller2010. Silakan cari saja di Google beserta Cracknya. Bagi yang mau silahkan download disini.

Oh ya satu lagi…Selalu memakai Anti Virus. Pake windows ga pake Anti Virus bisa gawat. Komputer yang memiliki Anti Virus saja bisa kena apalagi yang ga. Jadi memakai Anti Virus pada komputer anda adalah sesuatu yang wajib n kudu dan jangan lupa untuk senantiasa Update Virus Definition

Saya menyarankan untuk menggunakan dua buah Anti Virus. Yang satu Anti Virus Lokal (buatan indonesia) yang satu lagi buatan luar negeri. Anti Virus lokal saya sarankan menggunakan Smadav atau pcmav dan yang satu lagi bisa menggunakan AntiVir atau AVG semuanya berlisensi freeware

Demikian mudah-mudahan bermanfaat. Jangan lupa komentarnya !!!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: